Mancini Siap Jika Euro 2020 Batal atau Ditunda

Wabah Virus Corona sudah semakin menjadi-jadi, jika tak kunjung mereda besar kemungkinan turnamen Piala Eropa atau Euro 2020 ditunda bahkan batal digelar.

Sebagai informasi, pada musim panas mendatang UEFA memang akan menggelar turnamen ke-16 dari Piala Eropa atau Euro. Rencananya, kompetisi tersebut akan digelar di 12 negara Eropa, dengan ibu kota masing-masing Negara yang akan jadi tuan rumahnya.

Akan tetapi, menyusul pandemi Virus Corona yang sudah semakin memprihatinkan, beberapa pekan terakhir muncul wacana bahwa kompetisi tersebut akan ditunda bahkan mungkin ditiadakan. Pasalnya, beberapa kompetisi klub di Eropa termasuk Liga Champions sudah ditangguhkan.

Andai memang demikian keputusan yang diambil, pelatih Timnas Italia Roberto Mancini sama sekali tidak keberatan.

Menurutnya, ada hal yang jauh lebih penting dibandingkan Euro 2020, yang tak lain adalah kesehatan semua orang. Apalagi, mantan pelatih Inter Milan tersebut melihat langsung bagaimana rakyat Italia banyak yang meregang nyawa karena Virus COVID-19 ini.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya “ Demikian menurut Mancini kepada Rai Sport.

“Saya yakin bahwa ada hal lain yang harus diprioritaskan ketimbang Euro 2020, dan saya tidak ragu sedikitpun akan itu. Melihat banyak orang meninggal dalam beberapa hari terakhir benar-benar menyakitkan bagi saya.” Kata Mancini kepada Rai Sport.

Di samping itu, dengan penundaan turnamen ini juga bisa menghadirkan manfaat lain. Salah satunya adalah persiapan menuju kompetisi yang akan lebih lama.

“Jika mereka menunda turnamen ini, maka kami punya waktu satu tahun untuk mempersiapkan diri untuk memenangkan turnamen itu. Yang terpenting saat ini adalah kesehatan semua orang dan semua orang bisa kembali ke stadion dan menikmati pertandingan yang ada.” ujarnya.

Memang tidak bisa dibantah, fakta bahwa timnas Italia akan menjadi salah satu tim yang dirugikan jika Piala Euro 2020 digelar sesuai rencana. Pasalnya, ada banyak pemain mereka yang terancam tidak bisa bermain karena terjangkit Virus ini.

Misalnya Daniele Rugani, bek muda Juventus dan pemain Fiorentina, Patrick cutrone. Keduanya sudah terinfeksi wabah Virus Corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *