Diisukan Jadi Suksesor Guardiola, Begini Jawaban Kompany

Menyusul serangkaian hasil kurang memuaskan selama paruh pertama musim ini dan potensi kegagalan mempertahankan gelar Liga Primer Inggris, kabar pemecatan Pep Guardiola dari kursi manajer pun mulai bermunculan. Bahkan, mantan kapten City, Vincent Kompany disebut-sebut sebagai salah satu calon suksesor manajer asal Spanyol tersebut.

Sebagai informasi, sebenarnya mantan juru taktik Barcelona tersebut sejatinya masih terikat kontrak hingga tahun 2021 mendatang. Itu artinya, masa kepemimpinan Guardiola hanya akan bertahan sampai akhir musim depan. Sedangkan sampai saat ini belum nampak tanda-tanda bahwa klub akan memperpanjang kontrak Pep Guardiola.

Fakta tersebut membuat publik mulai menduga-duga bahwa Pep Guardiola memang tidak akan bertahan lama di Etihad Stadium, terutama jika melihat rekam jejak karirnya di dunia kepelatihan. Memang, Pep tak pernah lebih dari empat musim menagani satu klub. Barcelona dia tangani selama empat tahun, sedangkan Bayern Munchen hanya tiga tahun saja.

Alhasil, spekulasi mengenai sosok pelatih pengganti Guardiola di City pun mulai ramai dibicarakan. Vincent Kompany, yang sekarang berstatus sebagai pemain dan pelatih di Anderlecht, pun masuk dalam daftar calon penggantinya. Akan tetapi, Kompany sendiri ternyata sama sekali tidak memikirkan peluang menjadi suksesor Guardiola.

“Saya tidak berpikir soal itu. Ambisi saya sekarang adalah meraih keberhasilan dengan sebuah proyek dan menuntaskan itu dengan sukses,” ucap Kompany kepada Sky Sports.

Justru sebaliknya, jika dia masih menjadi bagian dari Manchester city saat ini, maka yang akan dilakukan adalah berjuang sekuat tenaga agar Pep Guardiola tetap bertahan di kursi manajer.

“Jika saya berada di posisi yang bisa memilih di City sekarang, saya akan melakukan segala yang saya bisa untuk menahan Guardiola selama mungkin. Dia benar-benar adalah sosok yang terbaik. Berkata bahwa ada orang yang sudah mendekatinya, itu adalah spekulasi dengan cara yang konyol,” tutupnya.

Sebelumnya, Pep Guardiola sendiri sempat memberikan isyarat bahwa dia akan tetap bertahan di Etihad musim depan.

“Rasanya berbeda. Sekarang saya lebih berpengalaman. Mungkin, dengan pengalaman yang saya miliki sekarang, saya akan tinggal,” ujarnya.

Manchester City sendiri saat ini tengah berjuang memangkas jarak dengan Liverpool yang ada di puncak klasemen sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *